Latest News :
Loading...

Tuesday 30 June 2015

Resep Batagor Khas Bandung

Resep Batagor Khas Bandung

Batagor Bandung menjadi barometer batagor seluruh Indonesia. Makanan yang sangat gurih dan dicintai oleh setiap orang dari lintar generasi ini menggoda lidah. Dari istilah, batagor ini merupakan akronim atau kepanjangan dari “bakso tahu goreng”. Makanan yang begitu enak ini dibikin dari bahan utama tahu yang berisi ikan tengiri serta tepung tapioka. Biasanya setelah batagor ini dicampurkan satu sama lain (tepung dan ikan tenggiri) langsung diberikan adonan lain (sesuai selera) dan digoreng. Setelah itu, batagor enak di bandung ini ditambahkan sambal, kecap manis, bumbu kacang, dan biasanya jika ada yang memesan bisa ditambahkan jeruk nipis sebagai tambahan.
Cara membuat batagor sebenarnya tidak sulit hanya saja kebanyakan orang lebih senang jika makanan sudah siap tersaji. Makanan khas Bandung ini, kini bisa kita temukan di luar Bandung. Sehingga untuk menikmatinya kita tidak perlu harus ke Bandung. Tidak hanya di Bandung saja, namun makanan ini juga cukup terkenal di kota lain. Karena rasanya yang lezat dan juga mengenyangkan, maka banyak orang yang suka dengan Sayuran yang menggunakan kacang sebagai campuran dari sambelnya ini. Untuk Anda yang penasaran dengan cara membuatnya, berikut ini resep sederhananya.

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu :
    Bahan yang digunakan:
  • 150 gram ikan tengiri dicincang halus
  • 150 gram daging ayam dicincang halus
  • 5 buah tahu putih besar, potong segitiga
  • 1 butir telur
  • 9 lembar kulit pangsit goreng
  • 3 sendok makan minyak wijen
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • 6 sendok makan tepung kanji/tapioka
  • Garam secukupnya atau sesuai selera
  • Bahan saus sambal:
  • 100 gr kacang tanah
  • 125 ml air hangat
  • 4 buah cabai merah, sangrai dan haluskan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan cuka
Cara Membuat :
  1. Cara membuat batagor yang pertama yaitu kocok telur kemudian masukkan daging ayam dan juga ikan yang sudah di cincang. Tambahkan juga minyak wijen, tepung tapioka, irisan daun bawang dan juga garam. Aduk hingga rata hingga kalis.
  2. Keluarkan isi tahu hingga dapat di isi dengan adonan. Kemudian masukkan adonan ke dalam tahu. Masukkan juga pada kulit pangsit lalu dibungkus.
  3. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng tahu dan juga pangsit hingga matang atau sesuai dengan selera. Angkat dan tiriskan.
Cara membuat saus kacang:
  1. Ambil kacang tanah lalu goreng, setelah itu haluskan kacang.
  2. Campurkan dan haluskan kacang dengan cabai goreng, gula, garam dan juga cuka. Kemudian tambahkan air hangat untuk mengencerkan dan aduk hingga rata.
Kandungan Batagor
Tak perlu diragukan lagi, kuliner yang sangat terkenal di tiap wilayah di Indonesia ini memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa. Karena bahan utamanya adalah tepung tapioka dan ikan tengiri, maka secara langsung kandungan karbohidrat, protein, minyak ikan, dan lain sebagainya menjadi satu. Kandungan tersebut sangatlah berguna bagi kesehatan manusia. Apalagi, ikan tengiri tersebut dapat membangkitkan kecerdasan anak.
Batagor Disukai Mahasiswa
Banyak penjual Batagor yang doyan menjajakan dagangannya di depan universitas atau perguruan tinggi. Sebab, batagor ini merupakan jajanan kesukaan mahasiswa di seluruh wilayah di Indonesia. Alasan mahasiswa membeli batagor sebetulnya sangatlah sederhana: makanannya enak, bergizi, dan murah. Sebab, dengan hanya mengeluarkan kocek berapa ribu rupiah saja, kita sudah bisa membawa batagor dengan gizi yang sangat banyak. Di samping itu, batagor ini juga membikin diri kita kenyang karena ia terbuat dari tepung.
Jika kita hendak membuat batagor secara mandiri, maka kita perlu mempersiapkan pelbagai resep batagor enak dengan baik. Sebab, sangatlah mudah membuat batagor. Namun demikian, yang paling penting dari semua itu adalah kebersamaan bersama keluarga, sahabat, maupun kolega terdekat untuk berbincang membahas sesuatu dengan ditemani oleh batagor. Dengan begitu, hidup pun serasa luar biasa. Karena kita bersama dengan orang yang kita cintai dan tentunya dengan kuliner kesukaan keluarga batagor bandung.
Dengan demikian cara membuat sayuran Batagor telah selesai anda buat. Sajikan dalam piring dan siramkan saus kacang di atasnya. Selamat mencoba!

Socializer Widget Resep Elsya
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

2 komentar:

  1. Hmmm buat buka puasa mantap tuh batagor bandung. Tapi mending beli aja dah praktis sob

    ReplyDelete
  2. Makasih gan resepnya :) Saya dan ibu mau buat batagor ini untuk bukber di acara keluarga :D

    ReplyDelete