Latest News :
Loading...

Thursday 2 July 2015

Resep Ikan Tongkol Balado

Resep Ikan Tongkol Balado
Resep Ikan – Ikan Tongkol Bumbu Pedas atau Balado adalah salah satu resep masakan tongkol yang sehat, baik dari ikannya sendiri ataupun dari rasanya yang pedas.
Masakan ikan adalah salah satu jenis masakan yang banyak disukai oleh orang Indonesia sebagai teman makan lauk. Masakan ikan disukai karena memiliki rasa yang gurih dan juga nikmat. Ada berbagai jenis masakan ikan mulai dengan ikan goreng, bakar dan masakan ikan dengan bumbu rempah yang banyak. Jenis ikan yang digunakan saat memasak juga beragam. Salah satu jenis ikan yang nikmat untuk lauk adalah ikan tongkol. Selain nikmat, Resep ikan tongkol juga beragam dengan kenikmatan rasa yang tak perlu lagi ditanyakan.
Selain Resep Ikan Bakar, Dan dari sekian banyaknya resep memasak ikan tongkol, salah satu yang patut Anda coba adalah resep ikan tongkol bumbu pedas enak. Tipikal orang Indonesia yang rata-rata menyukai masakan pedas, membuat resep ikan ini patut Anda coba. Selain nikmat dengan rasa pedasnya, ikan tongkol bumbu pedas yang enak ini juga memiliki kandungan gizi yang baik terutama adalah protein yang baik untuk pertumbuhan. Selain itu, ikan tongkol juga banyak mengandung lemak baik, zat besi, dan kalori yang baik untuk kebugaran dan kesehatan badan.
Cara Membuat Ikan juga cukup mudah dan sederhana. Anda bisa menyajikan makanan ini pada saat malam hari agar lebih nikmat terlebih saat cuaca sedang dingin. Masakan pedas juga ternyata memiliki manfaat yang baik diantaranya membakar kalori sehingga cocok untuk Anda yang diet, menjaga kebugaran karena saat makan pedas kita bisa berkeringat dan lainnya. Nah, jika Anda penasaran bagaimana membuat ikan tongkol bumbu pedas, berikut adalah resepnya untuk Anda versi Resep Elsya.

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu :
  • Ikan tongkol 1 ekor, bersihkan semua kotoran termasuk kotoran perut dan cuci sampai bersih
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 1 sendok makan asam jawa
  • Garam, secukupnya
  • Daun salam 3 lembar
  • 10 biji petai
  • 2 siung lengkuas, memarkan
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 6 siung
  • 4 buah cabai rawit
  • 13 buah cabai keriting merah
  • 1 buah tomat
  • Terasi secukupnya
Cara Membuat :
  1. Pertama, potonglah ikan tongkol yang telah dibersihkan sesuai selera. Setelah itu, baluri ikan menggunakan garam dan asam jawa, tiriskan.
  2. Berikutnya, gorenglah ikan menggunakan minyak panas. Tunggu hingga ikan matang dan berubah warna menjadi keemasan kemudian tiriskan.
  3. Langkah berikutnya adalah menumis semua bumbu-bumbu hingga harum. Setelah itu masukkan daun salam, petai, lengkuas, serai, dan daun jeruk nipis dan aduklah hingga merata.
  4. Masukkan ikan tongkol yang tadi telah digoreng. Setelah itu, tambahkan pula santan dan juga garam secukupnya. Masukkan pula penyedap rasa atau gula pasir secukupnya.
  5. Masaklah ikan sampai bumbu meresap. Untuk tambahan, Anda bisa memasukkan cabai rawit yang masih belum dihaluskan, masak hingga matang.
  6. Nah, selesailah langkah memasak ikan tongkol bumbu pedas dan masakan siap disajikan.
Itulah tentang Resep Ikan Tongkol Masak Bumbu Enak untuk Anda. Anda bisa sajikan masakan ini selagi hangat agar rasa nikmat dan juga pedas lebih terasa. Untuk memakan ikan tongkol ini Anda perlu menyiapkan tisu untuk menyeka keringat Anda yang pasti akan bercucuran karena kepedasan. Anda juga bisa sajikan masakan ini untuk berbagai acara agar tamu Anda senang dengan menu baru yang nikmat. Sekian saja mengenai resep tongkol bumbu enak, selamat mencoba dan menikmati kesedapan masakan ini.

Socializer Widget Resep Elsya
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

4 komentar:

  1. mantap,, ijin di coba resepnya, bwt lebaran sama keluarga besar..
    thanks resepnya.. sukses bwt blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas.... dicoba resepnya.. semoga bermanfaat.... thanks atas kunjungannya

      Delete
  2. wah enak nih lagi pula ane suka yang pedas2 :D

    ReplyDelete