Latest News :
Loading...

Wednesday 24 June 2015

Resep Ikan Mas Bumbu Kuning

Resep Ikan Mas Bumbu Kuning

Resep Ikan Bumbu Kuning merupakan varian dari olahan masakan ikan yang enak dan gurih. Tambahkan beberapa bahan sesuai selera untuk menambah cita rasa dari masakan ini.
Ikan memiliki nilai gizi yang sangat tinggi untuk mencukupi nutrisi protein harian Anda. Ikan juga sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak untuk menambah daya ingat dan berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Banyak sekali olahan ikan yang bisa dipraktekkan di rumah selain menggoreng dan membakar ikan. Salah satu olahan ikan yang bisa dipraktekkan adalah ikan bumbu kuning. Resep ikan bumbu kuning ini juga sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bahan-bahan yang diperlukan juga sederhana dan mudah didapatkan.
Ikan Bumbu Kuning merupakan salah satu olahan masakan berbahan dasar ikan. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat masakan bumbu kuning adalah ikan air tawar. Beberapa ikan yang sering digunakan, misalnya gurame, patin, atau ikan gembung. Ikan air tawar dapat diperoleh dengan mudah di berbagai pasar atau supermarket dan dibuat olahan sesuai selera. Pembuatan olahan ikan dengan bumbu kuning dapat dilakukan dengan membuat Ikan Goreng Bumbu Kuning atau dengan dibakar terlebih dahulu. Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning hanya memiliki perbedaan olahan ikannya yang dibakar terdahulu sebelum dimasak dengan bumbu kuning.
Untuk mendapatkan cita rasa masakan yang lezat dan enak. Untuk resep ikan bumbu kuning ini, Anda bisa menggunakan ikan jenis apa saja. Anda bisa mengganti ikan yang ada di dalam resep, dengan jenis ikan yang Anda senangi. Bisa berupa ikan laut ataupun ikan air tawar seperti gurame, nila, ikan mas, dan lain sebagainya.
Berikut bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan resep ikan bumbu kuning yang enak dan lezat versi Resep Elsya

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu :
Berikut bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan resep ikan bumbu kuning yang enak dan lezat. Diantaranya adalah :
  • Ikan
  • Tomat yang telah diiris
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air
  • Bahan-bahan untuk bumbu yang dihaluskan sesuai resep ikan bumbu kuning adalah sebagai berikut:
  • Kunyit
  • Jahe
  • Lengkuas
  • Kemiri
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Setelah Anda mempersiapkan bahan berikut bumbu yang telah dihaluskan, langkah selanjutnya adalah proses memasak ikan bumbu kuning. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk memasak ikan bumbu kuning ini.
Cara Membuat :
  1. Pertama sekali bersihkan ikan dan cuci dengan bersih. Ikan yang telah dibersihkan, bisa Anda goreng di dalam minyak panas sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  2. Kemudian di wajan terpisah Anda bisa menumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak yang telah dipanaskan sebelumnya. Tumis bumbu sampai matang dan berbau harum.
  3. Setelah bau harum bumbu keluar, masukkan tomat yang telah diiris dan air. Aduk rata dan biarkan sampai air mendidih.
  4. Berikan garam, gula pasir dan sedikit penyedap rasa lalu aduk rata. Terakhir masukkan ikan yang telah di goreng. Masak hingga kuah ikan menyerap sempurna ke dalam ikan. Angkat dan bisa disajikan.
Untuk menambah cita rasa dari Ikan Bumbu Kuning ini Anda bisa menambahkan daun kemangi ke dalam kuah ikan. Rasa kemangi yang khas akan menambah kelezatan dari ikan bumbu kuning ini. Atau Anda bisa menambahkan cabe rawit utuh untuk menambah aroma. Bagi Anda yang menyukai rasa yang pedas, Anda bisa memberikan cabe rawit dalam jumlah sesuai dengan selera Anda.
Ikan bumbu kuning ini bisa Anda modifikasi dengan selera Anda dan keluarga Anda. Sangat cocok disajikan dengan nasi hangat, berikut sambal dan lalapan. Untuk santap siang keluarga Anda, sajikan ikan bumbu kuning yang lezat dan gurih ini. Atau ketika Anda berkumpul bersama dengan keluarga besar.

Bagaimana? Mudah bukan membuat ikan bumbu kuning. Resep ikan bumbu kuning ini bisa Anda tambahkan dengan bahan lain sesuai dengan selera Anda untuk lebih menggugah selera makan keluarga. Jangan pernah takut untuk bereksperimen dengan masakan, dijamin ikan bumbu kuning yang Anda masak rasanya tidak kalah dengan ikan bumbu kuning yang di jual di restoran dan rumah makan.
Makanan dengan Kandungan Gizi yang Tinggi
Ikan dikenal sebagai jenis makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. baik ikan laut dan ikan air tawar merupakan sember protein yang akan memenuhi kebutuhan tubuh dalam pertumbuhannya. Beberapa kandungan yang terdapat pada ikan adalah protein yang terdiri dari asam amino esensial yang tetap bertahan melalui proses masak. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan lemak yang dapat langsung digunakan oleh jaringan tubuh karena mudah dicerna.
Manfaat Kandungan Ikan
Kandungan lemak tak jenuh pada ikan merupakan salah satu lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan serta dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah yang meningkat. Kandungan yang paling penting dan sering digunakan manfaatnya adalah kandungan proteinnya. Hal tersebut terjadi karena kandungan protein pada ikan memiliki kualitas yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tubuh. Selain itu, ikan juga memiliki bermacam-macam vitamin, seperti vitamin A, Vitamin D, Vitamin B kompleks, Thiamin, Riboflavin, niacin, dan lainnya. Ikan juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan mineral, seperti fosfor, magnesium, yodium, zat besi zick, dan kandungan mineral lainnya.
Anak-anak biasanya dianjurkan memakan ikan untuk mendapatkan kalsium yang cukup dan baik bagi pertumbuhannya. Namun, pemerolehan kalsium dilakukan jika ikan tersebut dapat dimakan dengan tulangnya. Kandungan lainnya seperti selenium pada ikan berguna sebagai antioksidan yang akan menghambat oksidasi lemak tak jenuh. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi ikan, baik yang laut maupun yang tawar. Anda dapat memasaknya dengan berbagai jenis olahan dan variasi. Jika Anda bosan dengan berbagai olahan ikan yang digoreng, Anda dapat mencoba olahan Ikan Bumbu Kuning

Socializer Widget Resep Elsya
SOCIALIZE IT →
SHARE IT →

0 komentar:

Post a Comment